Jumat, 29 Oktober 2010

Belitung Island

Sebuah pulau di bagian barat Indonesia, yang terkenal dengan sebutan Pulau Timah. Ternyata sebutan Pulau Timah tidak membuat pulau ini dikenal banyak orang. Dari karya luar biasa Andrea Hirata bertajuk Laskar Pelangi, barulah pulau ini menjadi terkenal. Ya! Inilah Pulau Belitung! Pulau dengan jutaan pesona keindahan dan kekayaan alamnya yang masih alami.
Banyak yang bilang Belitung adalah Bali kedua. Tapi dari cerita orang Belitung sendiri, Belitung berasal dari kata Balitong yang merupakan singkatan Bali Potong. Belitung adalah Bali yang dipotong sehingga keindahan alamnya mirip dengan Bali. Tidak! Ternyata Belitung menyimpan lebih banyak keindahan dan kekayaan dibanding Bali! Apalagi banyak yang menyebutkan di mana-mana ada Bali, tapi di Bali belum tentu ada yang di mana-mana.

Timah
Dari zaman PN Timah berjaya sampai sekarang, ternyata timah di pulau ini masih saja tidak habis. Ternyata gunung batu di pulau ini adalah timbunan timah! Bahkan di dalam air pun terdapat endapan timah! Luar biasa bukan? Sama seperti Papua, yang memiliki gunung tembaga dan emas yang tidak habis-habis.

Batu Satam
Terkenal dengan sebutan Batu Meteor. Ternyata batu ini hanya ada di Belitung! Wow! Batu ini berwarna hitam pekat. Batu ini sangat bagus bila dijadikan hiasan kalung atau cincin. Tapi ada juga yang percaya jika batu ini memiliki kekuatan magis seperti menolak bala, mengusir makhluk halus, sebagai penyembuh sakit (seperti batu ponari), dsb. Apapun fungsi batu ini, semuanya tergantung kepada individu masing-masing.

Beberapa tempat wisata di Belitung:
Tanjung Tinggi
Tanjung Pendam
Tanjung Kelayang
Bukit Batu
Gunung Burung Mandi
Pulau Lengkuas
SD Muhammadiyah
Pice
Bukit Duri atau A1
Dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar