Minggu, 18 Maret 2018

Membaca dan Menulis

Melihat beberapa tulisan lama yang diposting di blog ini membuat saya tertawa. Ternyata saya dulu amat sangat jelek dalam hal menulis, kaku dan terlalu memaksakan. Hahaha

2012 mungkin awal di mana saya mulai dipaksa menulis karena saat itu saya sedang menyusun skripsi. Dosen pembimbing saya mungkin pusing melihat tulisan saya kala itu. Mungkin beliau melihat ketidakteraturan saya dan teman seperjuangan lainnya dalam menulis. Pesan beliau yang masih saya ingat sampai sekarang adalah:

"Membacalah maka kamu akan bisa menulis"

Ya, pesan yang terdengar sederhana namun sangat bermanfaat. Sejak itu saya mulai berinvestasi buku, lebih tepatnya novel. Dalam hitungan minggu ternyata saya mengalami perubahan yang signifikan dalam menulis bahkan saya sempat dikira sebagai plagiator oleh dosen pembimbing saya tersebut karena tulisan saya amat sangat berbeda dari awal bimbingan. Hahahaha. Ke depannya, kalian yang membaca tulisan saya pun akan melihat perbedaan tulisan saya dulu dan sekarang sehingga saya tidak akan menghapus tulisan lama saya.

Beruntunglah kalian yang sejak muda sudah memiliki bakat menulis karena tidak semua orang memilikinya. Banyak orang yang harus belajar dan berlatih keras untuk bisa menulis :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar